Motivasi belajar siswa ditinjau dari dukungan sosial di masa pandemi

Authors

  • Jumadi Mori Salam Tuasikal Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohamad Rizal Pautina Pautina Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57081/iic.v1i1.24

Keywords:

Dukungan sosial, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang ditunjukan oleh siswa di Kota Gorontalo yang dipengaruhi oleh beberapa diantaranya adalah faktor dukungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar siswa dimasa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian korelasi yang terdiri dari dua yaitu variabel dukungan sosial dan variabel motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Instrumen yang digunakan adalah angket dukungan sosial dan angket motivasi belajar yang disebarkan menggunakan media google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier. Hasil analisis data menunjukkan R = 0,366 dan tingkat signifikansi (p) 0,000 (p <0,05). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh hubungan yang sangat signifikan antara motivasi belajar dengan dukungan sosial di masa pandemi. Jika semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pula perilaku motivasi belajar. Sehingga dukungan sosial memberi pengaruh sebesar 36,6% terhadap motivasi sosial, dan sisanya (63,4%) dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak didesain dalam penelitian ini. Dengan demikian hipotesis penelitian yaitu hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar siswa dimasa pandemi diterima.

References

Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Diko, R. S., Panai, A. H., Ardini, P. P., Studi, P., Pendidikan, M., Gorontalo, U. N., Motivation, L., & Type, G. I. (n.d.). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di kelas IV SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

Firdaus, C., Mauludyana, B., & Purwanti, K. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 43–52. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Jamil. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa Teradap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Solok Selatan Oleh Fefri Indra Azra Semakin pesatnya perkembangan masyarakat Indonesia di era globalisasi ini sehingga banyaknya generasi m. Journal of Economic and Economic Education, 2(2), 85–98.

Kumalasari, F. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan Latifah Nur Ahyani. 1(1).

Makalisang, M., Tuerah, R. M. S., & Masinambow, D. A. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Masa Covid-19 Di Sd Katolik 21 Gunung Tabor Manado. Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–12. http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/eduprimary

Muthmainah. (2022). Dukungan Sosial dan Resiliensi pada Anak di Wilayah Perbukitan Gunung Kidul Yogyakarta. Diklus : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1, 78–88.

Sagita, D. D., Fauzi, D. M., & Tuasikal, J. M. S. (2021). Analisis Tingkat Religiusitas Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Organisasi. Pedagogika, 12(2), 201–216. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.817

Sofyani, A. S. P., Husain, A. K., Korompot, S., & Tuasikal, J. M. S. (2022). Games Kuartet Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakter Religius Siswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 1(2), 61–74. https://doi.org/10.37411/sjgc.v1i2.1063

Suciani, D., Rozali, Y. A., Psikologi, F., Esa, U., & Allen, M. (2013). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada. Jurnal Psikologi, 12(2), 43–47.

Tuasikal, J. M. S., Madina, R., Pautina, M. R., & Korompot, S. (2021). Pelayanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di Masa Covid 19. Student Journal of Guidance and Counseling, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37411/sjgc.v1i1.901

Utami, N. M. S. N., & Widiasavitri, P. N. (2013). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Penerimaan Diri Individu yang Mengalami Asma. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 12–21. https://doi.org/10.24843/jpu.2013.v01.i01.p02

Wahidah, I., Septiadi, M. A., Rafqie, M. C. A., Fitria, N., Hartono, S., & Athallah, R. (2020). Pandemik Covid-19 : Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan COVID-19 Pandemic : Analysis of Government and Community Planning in Various Prevention Measures. 11(3), 179–188.

Downloads

Submitted

2022-07-16

Published

2022-07-27

How to Cite

Tuasikal, J. M. S., & Pautina, M. R. P. (2022). Motivasi belajar siswa ditinjau dari dukungan sosial di masa pandemi. Implementation of Islamic Counseling, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.57081/iic.v1i1.24

Issue

Section

Articles