Pengaruh Pengguna Media Sosial Terhadap Minat Mengikuti Layanan Informasi pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam
DOI:
https://doi.org/10.57081/iic.v1i2.40Keywords:
Media Sosial, Minat, Layanan Informasi, Bimbingan dan Konseling IslamAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat mengikuti layanan informasi pada mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Adapun teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling, Sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket penggunaan media sosial dan minat mengikuti layanan informasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Analyze Regression Linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa R sebesar 0,439>0.05. Adanya hubungan yang positif antara penggunaan media sosial terhadap minat mengikuti layanan informasi dan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap minat mengikuti layanan informasi pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Hal ini ditunjukkan pada pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat mengikuti layanan informasi pada mahasiswa mencapai 19,3% dan sisanya 80,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
References
Astarini, D., Pasmawati, H., & Fatmawati Sukarno Bengkulu, U. (2021). Variety of Cyber Counseling Media During the Covid-19 Pandemic. Juli-Desember, 21(02), 138–149. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/syiar
Efendi, M. (2019). Pengembangan Media Blog Dalam Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling. Bk Unesa, 1(1), 1–20.
Endriani, A., Astuti, F. H., Lukitasari, D., & Rayani, D. (2020). Penyuluhan Pemahaman Layanan Informasi Tentang Studi Lanjut. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(2), 172–176. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i2.3085
Fataruba, D. (2017). Penerapan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 1(1), 10–22.
Gemilang, R., & Elisabeth, C. (2016). Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas Xi Di Sman 3 Sidoarjo the Development of Booklet As an Information Service Media To Understand Hedonism Life Style of Eleventh Grade Students in Sman 3 S. Jurnal BK UNESA, 6(3), 3–9.
Gultom, L. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling Materi Pengaruh Pergaulan Remaja Melalui Media Audio Visual. ANSIRU PAI, 4(1), 148–157.
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 13–23.
Hartinah, G., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2015). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Perencanaan Karir Siswa Sma. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 43–48.
Hasanah, M., & Setiawati, D. (2014). Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Masa Depan Karir Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Lamongan. Jurnal BK UNESA, 4(3), 541–550.
Hidayati, A. (2018). Layanan Informasi Belajar Berbasis Multimedia. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1), 235–246.
Ishaq, R. el, & Mahanani, P. A. R. (2018). Media sosial, ruang publik, dan budaya ‘pop.’ ETTISAL Journal of Communication, 3(1), 16–27.
Ismah, I. (2016). Menarik Minat Siswa Pada Layanan Bimbingan Dan Konseling Islami Di Sekolah Menggunakan Layanan Informasi Dengan Teknik Modelling. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 12–19. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.550
Kabang, M., Trisnowati, E., & Ralasari S, T. M. (2018). Pemahaman Tentang Akibat Pernikahan Di Bawah Umur Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Diskusi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(2), 55. https://doi.org/10.31602/jbkr.v4i2.1504
Kamaruzzaman, Aliwanto, & Sukmawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Orientasi Karier Melalui Layanan Informasi Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 21–30.
Karim Syahputra, A., Kurniawan, E., & Nofriadi, N. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi Upt. Puskesmas Porsea. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i2.370
Khoiri, A. F., & Palupi, R. (2019). Pemafaatan Media Sosial Kota Madiya Jakarta Utara Sebagai Media Publikasi Kepada Publik Eksternal. Syntax Idea, 2(6), 89.
Kiantini, R. (2021). Kajian Literatur: Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 71–79. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.363
Korida, N. P., & Nursalim, D. M. (2013). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Layanan Informasi Di Smp Negeri 2 Ngoro the Use of Video As a Media To Increase the Students’ Activity of the Information Services At Smpn 2 Ngoro. Jurnal BK UNESA, 04 (01), 135–143.
Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh Puguh Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura. Kompetensi, 11(2), 217–225.
Listianah, & Muhari. (2013). Penerapan Layanan Informasi Dengan Menggunakan Media Movie Maker Untuk Meningkatkan Pemahaman Memilih Studi Lanjut Pada Siswa Kelas Xii Di Sma Negeri 3 Lamongan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 1(1), 164.
Maharani, I., Fridani, L., & Akbar, Z. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Film Bertema Pendidikan Dalam Layanan Informasi Bimbingan Klasikal. Faktor Jurnal Kependidikan, 6(2), 135–146.
Mutiah, T., Ode, Y. M. La, Raharjo, A., Fitriyanto, & Suratriadi, P. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram @Ridwankamil Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Akrab Juara, 7(2), 271–282.
Nabila, S. F., & Darminto, E. (2018b). Meningkatkan Minat Memanfaatkan Layanan Bimbingan Dan Konseling Melalui Penggunaan Media Bimbingan Dan Konseling. Universitas Negeri Surabaya, 1(3), 7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/34437/30638
Nashihuddin, W. (2016). Promosi Layanan Perpustakaan Khusus melalui Media Sosial dan Kegiatan Sosialisasi: Tinjauan Kegiatan Promosi di PDII-LIPI. I Rapat Kerja Pusat XX Dan Seminar Ilmiah Nasional Ikatan Pustakawan Indonesia, February, 1–13.
Nindya, N. N., Kiswantoro, A., & Hidayati, R. (2020). Layanan Informasi Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4504
Noprianto, E. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Dan Penerapan Social Media Analytics (Sma) Untuk Perpustakaan Di Indonesia. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.31849/pb.v5i2.1583
Novianti, E., Nugraha, A. R., Komalasari, L., Komariah, K., & Rejeki, D. S. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran). Al Munir: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(1), 48–59.
Oktavia, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Layanan Referensi Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 11(2), 111–123. https://doi.org/10.37108/shaut.v11i2.223
Permatasari1, M. P., & Endriastuti, A. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Bagi Umkm Di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 91. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.91-99
Prihwanto, P., & Firdaus, M. T. (2021). Pengaruh Layanan Informasi Melalui Media Whatsapp Group Terhadap Kesadaran Pemakaian Masker Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 5(1), 53–63.
Pustika, D., Astuti, I., & Suratman, D. (2019). Pengembangan Media Layanan Informasi Karir Berbasis Google Classroom di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(12), 1–9.
Saputra, I. M. A. B., Gautama, I. M. B., Pramitaresthi, I. G. A., Setyaningrum, K. P., Widyawati, K. A., Trinadi, N. K. A., Devi, N. L. P. S., Putra, P. M., Bramanta, I. G. N. A. B., Meilyanjani, N. P. G., Adhityasaputra, I. K. W., ADH, I. P. W., & Arsa, I. G. N. W. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Serta Penyebaran Informasi di Desa Dalang. Journal of Community Development, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.47134/comdev.v3i2.75
Setiadi, A. (2020). Pemanfaatan Medsos Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal AMIK BSI Karawang, 12(15), 25–30.
Suhendra, H. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Komunikasi Kreatif Institusi Pendidikan Tinggi Indonesia di Masa Pandemi COVID-19. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 3(3), 113–123. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v3i3.7710
Yanuarti, E., & Sari, D. P. (2019). Peran Dosen Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Literasi Pembelajaran Mahasiswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 127–138. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.892
Zulfikar, G. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Dakwah Dalam Masyarakat Virtual. Jurnal Al Muttaqin, 4(1), 85–90.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dilla Astarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.