Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Interpersonal

Authors

  • Harun Arrasyd Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Khairul Amri Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Utari Safitri Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57081/iic.v1i2.48

Keywords:

Pola asuh, kecerdasan, interpersonal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas X di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan adalah metode korelasional, dan jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik korelasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 180 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling dari seluruh kelas X. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/ kuesioner untuk pola asuh orang tua dan kecerdasan interpersonal. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh yang dimiliki siswa berada dalam kategori rendah dengan persentase 48,56% dan kecerdasan  interpersonal  siswa berada dalam kategori sedang dengan persentase 51,16%. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,397 dengan taraf signifikansi sebesar 0,030 (p<0,05). Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa.

References

Amalia, Ridha. 2017 “Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Alma’arif 08 Singosari-Malang”. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Malang.

Anggraini, dkk. 2017.Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepribadian Siswa SMA Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, Volume 1 Nomor 1 2017.FKIP Universitas Bengkulu.

Aprilia, Fitria. 2013 “Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Perilaku Kenakalan Remaja (Siswa SMA Negeri 1 Grobogan)”. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 1997. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwi, Utami Ade. 2012. Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach. Jurnal ilmiah VISI P2TK NI Volume 7 Nomor 2 Desember 2012.Jurusan PG PAUD FIP Universitas Negeri Jakarta.

Fukkink, R., Jilink, L., Op den Kelder, R., Zeijlmans, K., Bollen, I., & Koopman, L. (2019). The development of interaction skills in preservice teacher education: A mixed-methods study of Dutch pre-service teachers. Early Childhood Education Journal, 47(3), 321–329. https://doi.org/10.1007/s10643-019- 00927-7

Isjoni, 2009. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta.

Lwin, May. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: Indeks.

Monawati. 2015. Hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan prestasi belajar. Jurnal Persona Dasar, Volume 3, Nomor 3, April 2015.

Revita, Yanuarsari dkk. 2019. Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini di tk mekar arum kota bandung. Jurnal Community Education Department, Vol. 1, No. 1, Agustus 2019.

Restym, Agustina dkk, 2020 “hubungan pola asuh orangtua dengan kecerdasan interpersonal anak” , Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020 UIN Raden Fatah Palembang.

Sari, Nourma Puspita dkk. 2018. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas III SD. Joyful Learning Journal, Volume 7 Nomor 4 Desember 2018. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sunarty, Kustlah. 2016 “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak. Journal of EST. Volume 2 Nomor 3 Desember 2016.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Tuti Wantu, 2015. Hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa (suatu penelitian pada siswa SMA dan SMK Negeri se kota gorontalo), jurusan bimbingan dan konseling fakultas ilmu pendidikan universitas negeri Gorontalo.

Vlasov, J., & Hujala, E. (2017). Parent-teacher cooperation in early childhood education–directors’ views to changes in the USA, Russia, and Finland. European Early Childhood Education Research Journal, 25(5), 732–746. https://doi.org/10.1080/1350293X.2017.1356536

Widyastuti, Vera. 2016 “Hubungan Tingkat Pendapatan Orang Tua Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Bidang Keahlian Teknologi Informasi Dan Komunikasi SMK Negeri 1 Bantul”. Yogyakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Wulandari, Setya Rahmawati. 2016 “Pola Asuh Anak Usia Dini” (Studi Kasus Pada Orang Tua Yang Mengikuti Program Bina Keluarga Balita (BKB) Di Kelurahan Kutoarjo Kabupaten Purworejo)”. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Semarang.

Yarni, Dewi. Dkk. 2016 “perbedaan kecerdasan interpersonal pada remaja dengan orang tua lengkap dan tidak lengkap”. Jurnal Psikologi Volume 12 Nomor 1 Juni 2016, Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Downloads

Submitted

2022-12-15

Accepted

2023-01-05

Published

2023-01-08

How to Cite

Arrasyd, H. ., Amri, K. ., & Safitri, U. . (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Interpersonal . Implementation of Islamic Counseling, 1(2), 60–70. https://doi.org/10.57081/iic.v1i2.48