Kinerja Konselor dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Terhadap Persepsi Negatif Orang Tua
DOI:
https://doi.org/10.57081/iic.v2i1.57Keywords:
Persepsi Negatif Orang Tua, Layanan Bimbingan dan KonselingAbstract
Kinerja konselor dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah terhadap persepsi negatif orang Tua, memberikan persepsi negatif terhadap orang tua mengenai BK di sekolah. Artikel ini dibuat untuk mengkaji bagaimana kinerja konselor membentuk persepsi negatif pada orang tua serta bagaimana kinerja konselor yang efektif untuk mengubah persepsi negatif orang tua. Metode yang digunakan yaitu Systematic Literature Review atau di sebut degan SLR, pengumpulan artikel dan jurnal dilakukan dengan artikel sejenis dan adanya persamaan dengan 10 artikel. Langkah-langkah mengumpulkan pernyataan penelitian, mencari literatur jurnal, menganalisis temuan jurnal yang cocok dan melaporkan hasil temuan jurnal yang mengenai pembahasan. Hasil pembahasan dalam artikel ini bahwa kinerja konselor dalam layanan BK di sekolah terhadap persepsi negatif orang tua adanya ketidak puas dalam penguasaan yang dimiliki oleh konselor dalam Bimbingan Konseling, serta keefektifan untuk mengubah persepsi negatif orang tua terhadap kinerja konselor menjalani komunikasi antara orang tua dan mengembangkan skill pengetahuan dalam BK di sekolah.
References
ABKIN. (2007). Naskah Akademik. Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan Konseling dalam Seting Pendidikan Formal. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Arsilawita, A., Suhaili, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2021). Pengaruh Bimbingan Konseling dan Program Parenting untuk Meningkatkan Pemahaman Orangtua tentang Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 976-988.
Astuti, N., Pratiwi, & Nuryono. (2013). Pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk merubah persepsi negatif siswa di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Lamongan. Jurnal BK UNESA, 3(1), 271–280
Astiti, P., Suminar, J. R., & Rahmat, A. (2018). Konstruksi identitas guru bimbingan konseling sebagai komunikator pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 1-9.
Cahyono, A. H. (2013). Hubungan antara Persepsi dan Sikap Siswa terhadap Bimbingan dan Konseling dengan Minat Siswa untuk Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Danandjaja, J. (2012). Antropologi Psikologi: teori metode dan sejarah perkembangan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
Darmawan, E. (2017). Kerjasama Guru Bimbingan Konseling dan Orang tua Siswa dalam Mengatasi Siswa yang Bolos Sekolah di SMAN 1 Kluet Timur Kab. Aceh Selatan (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Faiz, A., Dharmayanti, A., & Nofrita, N. (2018). Etika bimbingan dan konseling dalam pendekatan filsafat ilmu. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 1-12.
Fatchurahman, M. (2018). Problematik pelaksanaan konseling individual. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 25-30.
Fatimah, S. (2020). Asesmen Akuntabilitas Kinerja Konselor: Ditinjau Dari Segi Permasalahan Dan Model Pelaksanaannya. QUANTA, 4(2), 77-86.
Febriya, R. W. (2014). Survei tentang persepsi dan kesiapan konselor terhadap bimbingan dan konseling berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Surabaya Selatan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Fitria, L. (2016). Hubungan antara pengasuhan orangtua dengan penyesuaian diri siswa terhadap peraturan sekolah. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).
Fitriani, E., Neviyarni, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2022). Problematika layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 174-180.
Ilmawan, A. R., & Anistyasari, Y. (2020). Studi literatur media pembelajaran berbasis simulasi tata cahaya dalam teknik fotografi untuk SMK IT-Edu: Jurnal Information Technology And Education, 5(01), 433-444.
Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 17(4), 447-454.
Khadijah, K., Marjohan, M., & Bentri, A. (2016). Kontribusi dukungan orangtua dan persepsi siswa tentang disiplin belajar terhadap perilaku membolos serta implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling. Konselor, 3(5), 172-181.
Lusiana, L., & Suryani, M. (2014). Metode SLR untuk mengidentifikasi isu-isu dalam Software Engineering. Sains dan Teknologi Informasi, 3(1), 1-11.
Martini, N. & Ida F. (2010). Materi pokok psikologi perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka
Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian :Journal of Primary Education Vol. 3 No.1
Mulyasa, H.E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murad, A. (2012). Tingkat kinerja konselor profesional. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(5).
Ramadhan, S. (2017). Kerjasama Guru Bimbingan Konseling dan Orang Tua dalam Menangani Kenakalan Siswa di MAN Kuta Baro Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Sari, D. M. (2021). Persepsi orang tua tentang kunjungan rumah guru bimbingan konseling di SMA Negeri 11 Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Sihabudin, M. (2015). Peranan orang tua dalam bimbingan konseling siswa. Jurnal Kependidikan, 3(2), 123-137.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Triningsih, A. (2018). Persepsi siswa kelas XI terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling dalam manajemen layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Karanganom. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 60-69.
Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.
Wati, E., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2013). Hubungan antara aspirasi siswa dan dukungan orangtua dengan motivasi belajar serta implikasinya terhadap bimbingan konseling. Konselor, 2(1).
Widodo, B. (2009). Layanan konsultasi orang tua salah satu bidang layanan bimbingan konseling untuk membantu mengatasi masalah anak (Sebuah refleksi analitis). Jurnal Ilmiah Widya Warta, 33(1), 1-15.
Yulia, I. B., & Putra, A. (2020). Kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika secara daring. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(2).
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dhea Nur Anggraeni, Nandang Budiman, Nadia Aulia Nadhirah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.